LAMBANG DAN MAKNA LAMBANG KAB.SERANG


A. Arti warna dalam lambang daerah:
  1. Warna merah mempunyai arti berani.
  2. Warna putih mempunyai arti kesucian.
  3. Warna kuning muda mempunyai arti cahaya terang dan keindahan yang menaburi jiwa masyarakat dan keadaan sekelilingnya.
  4. Warna merah bata mempunyai arti semangat yang abadi.
  5. Warna hijau mempunyai arti kesuburan, kesegaran dan kesehatan.
  6. Warna biru langit mempunyai arti kejernihan suasana keaslian watak
  7. Warna kuning emas mempunyai arti keagungan orang-orang yang mengamalkan motto yang terukir didalamnya.
  8. Warna hitam dan garis hitam mempunyai arti ketenangan jiwa dan batas-batas dalam segala bidang.


B. Arti gambar dalam lambang daerah:
  1. Enam buah cengkeh men-cerminkan Rukun Iman, Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan buah cengkeh (hasil bumi) melambangkan kemakmuran, hasil pertanian dan perdagangan serta kekayaan daerah dan masyarakat.
  2. Menara Masjid Banten melambangkan Syiar Agama, pusat kegiatan kebudayaan serta pemerintahan yang kuat, bersih dan berwibawa.
  3. Benteng Keraton Surosowan yang terdiri dari dua puluh enam buah kotak, berpucuk sepuluh buah kotak dan delapan celah kotak melukiskan Hari Jadi Kabupaten Serang 8 Oktober 1926.
  4. Tujuh belas lengkung yang terdapat pada bagian garis atas, delapan lengkung diantara buah cengkeh dibawahnya, dan empat tunai daun, serta lima akar pohon beringin, melukiskan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945.
  5. Pohon beringin melambangkan persatuan rakyat yang kokoh dan kuat.
  6. Dua buah sungai menunjukkan bahwa di Kabupaten Serang terdapat dua aliran sungai yaitu Cibantan dan Ciujung.
  7. Dua buah laut menunjukkan Kabupaten Serang diapit olah Laut Jawa dan Selat Sunda.


C. Arti Susunan dan Letak Gambar Lambang Daerah adalah :
  1. Menara Masjid Banten dan dua buah cengkeh (hasil bumi) digambar di belakang Benteng Kraton Surosowan, melambangkan pertanahan yang kokoh, kepribadian yang teguh,kemakmuran dan kejayaan daerahnya.
  2. Pohon beringin digambar di hadapan Benteng Kraton Surosowan melambangkan keadilan dan persatuan, kesiapsiagaan setiap pribadi masyarakatnya. Pohon Beringin menghadap ke laut berarti pandangan yang luas dan penuh kewaspadaan.
  3. Sungai dan Laut di gambar di hadapan yang lainnya melambangkan semangat bahari, keterbukaan jiwa masyarakatnya, kemakmuran memberi dan berbakti serta saling menghormati sesama manusia.


D. Arti motto ”SEPI ING PAMRIH RAME ING GAWE” adalah suatu semboyan atau himbauan agar masyarakat mengutamakan kerja keras untuk mencapai kemakmuran dan keadilan, mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi tanpa serta imbalan, berjuang dengan ikhlas. mengharapkan pujian, penghargaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar